Monday, November 5, 2012

Nutrition Festival 2012



Nutrition Festival merupakan salah satu program kerja Divisi Eksternal Organisasi Mahasiswa Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan Jurusan Gizi Kesehatan FKUB dan ORMAGIKA, memberikan edukasi dan informasi terkait gizi melalui berbagai media, memberikan informasi akan pentingnya mengetahui status gizi secara berkala, serta mempromosikan gaya hidup sehat melalui pola makan yang seimbang dan bervariasi, sehingga diharapkan nantinya masyarakat dapat menerima informasi yang diberikan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tema Nutrition Festival 2012 adalah Create your creativity to be active and healthy generation with a nutritious fruit”, sedangkan icon buah yang diangkat adalah buah tomat. Buah tomat merupakan salah satu buah yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan hanya digunakan sebagai pelengkap maupun garnish sebagai penambah nilai estetika suatu hidangan, namun sebenarnya buah ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat diolah menjadi berbagai kudapan yang lezat dan menarik, sehingga dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

Rangkaian acara Nutrition Festival 2012 terdiri atas Technical Meeting dan Penyisihan berbagai lomba, Pameran dan Expo Final Day, serta Konsultasi Gizi dengan sasaran siswa siswi SMA, mahasiswa dan masyarakat dari berbagai kalangan umur. Lomba-lomba yang diselengarakan diantaranya :
1.      Kreasi Olahan Buah Tomat (Kreto)
Lomba Kreasi Olahan Buah Tomat (Kreto) merupakan salah satu lomba yang bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk menuangkan bakat dan kreasinya dalam mengolah buah tomat menjadi berbagai kudapan yang lezat dan menarik. Tema yang diangkat adalah “Panorama Keunikan Kreasi Tomat”.
2.      Mading 3 Dimensi
Sasaran lomba Mading 3 Dimensi dengan tema “From a Creativity, Let’s Show The -Great Red “ adalah seluruh siswa siswi SMA se-Malang Raya, dimana tujuannya adalah untuk mengupas tuntas buah tomat, sehingga masyarakat akan mengetahui berbagai informasi berkaitan dengan icon buah yang diangkat pada Nutrition Festival 2012.

3.      Fotografi
“Traditional Food” merupakan tema yang diangkat dalam lomba Fotografi, dimana pengangkatan tema tersebut bertujuan agar masyarakat lebih mengenal makanan tradisional asli Indonesia.

Technical Meeting dilaksanakan pada Sabtu, 15 September 2012, sedangkan babak penyisihan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Oktober 2012. Babak penyisihan dilakukan untuk menentukan finalis yang akan masuk ke babak final (3 besar Mading 3 Dimensi, 5 besar Kreasi Olahan Buah Tomat), dimana karyanya akan ditampilkan pada Final Day Nutrition Festival 2012 dan  memperebutkan total hadiah Rp 4.650.000,00. Finalis lomba Mading 3 Dimensi dan Kreasi Olahan Buah Tomat harus menyediakan sejumlah sample yang nantinya akan menjadi pertimbangan penilaian pengunjung, sedangkan finalis lomba fotografi harus mendokumentasikan Final Day 2012. Penentuan pemenang lomba didasarkan pada hasil penilaian para juri yang berkompeten di bidangnya dan hasil voting dari pengunjung Mall Olympic Garden.

Final Day Nutrition Festival 2012 dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2012 bertempat di Drop Off Mall Olympic Garden dengan rangkaian acara sebagai berikut.
1.      Lomba dan Kreasi Olahan Buah Tomat
2.      Lomba dan Pameran Mading 3 Dimensi
3.      Lomba dan Pameran Fotografi
4.      Konsultasi Gizi
5.      Pameran dan Expo pada Final Day
6.      Penampilan-Penampilan pada Final Day

Nutrition Festival  2012 merupakan suatu kegiatan penyampaian edukasi gizi yang dikemas dengan unsur entertain sehingga informasi dan edukasi yang diberikan lebih mudah diterima oleh masyarakat, hal ini merupakan salah satu pertimbangan Drop Off Mall Olympic Garden menjadi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain itu, mall merupakan tempat yang padat pengunjung mulai pagi hingga malam hari karena mall menjadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan maupun weekend. Hal ini sangat mendukung pencapaian indicator keberhasilan yang ditetapkan yakni jumlah pengunjung lebih dari 800 dengan kepuasan lebih dari 75 persen. 

No comments:

Post a Comment